Jumat, 21 Juni 2013

MENDONGKRAK ENTREPRENER INTELLUGENT

Sebuah undangan menarik aku dari sebuah komunitas bernama Women Preneur Comunity yang digawangi oleh Irma Sustika, undangan pertemuan wanita hebat pelaku usaha di wilayah Bandung.
Terus terang aku tidak mengenal seorangpun wanita-wanita hebat itu, aku hanya mengenal seorang Irma Sustika secara online, tepatnya dari FB aku mengenal beliau, seorang penulis, seorang motivator, seorang pembawa acara di Radio Gaya FM untuk acara bincang bisnis.
Seharian itu sekitar 10 orang pelaku usaha wanita dari berbagai sektor ngobrol di Rumah Strawbery Lembang  dari pagi sampai sore. Suasana sangat santai dan penuh gelak tawa.

WPC, Womanpreuner Comunity adalah tempat dimana aku mencemplung diri, sebuah komunitas yang aku harapkan bisa memberikan motivasi bisnis yang kuat karena orang-orang di dalamnya saling mendorong dan memberikan sinergi positif.
Apa yang aku harapkan dari WPC ini tak lain adalah menjalin pertemanan, ada pepatah lama yang mengatakan "orang yang dekat dengan penjual minyak wangi akan wangi dan mereka yang dekat dengan pande besi bakal bau keringat"
Apa yang tersirat dari pepatah ini adalah teman dan lingkungan akan mempengaruhi jalan hidup, salah memilih teman bisa membuat hidup runyam. Jadi pandai-pandailah memilih teman. Dalam kewirausahaan, teman yang tidak sejalan dan tidak mendukung impian menjadi pengusaha sebaiknya tidak perlu "digauli" secara intensif. Sekarang mari perhatikan hubungan pertemanan diri kita masing-masing selama ini. Dengan siapa kita berteman. Buatlah daftar lima teman yang akrab dan lebih banyak menghabiskan waktu bersama kita, lantas tulislah profesi masing-masing serta berapa perkiraan penghasilan mereka. Aku yakin kemungkinan besar rata-rata penghasilan dan profesinya mirip-mirip diri kita.betul  apa betul ???
Bila kita sudah memutuskan untuk menjadi pengusaha sementara lingkungan pergaulan masih sama, jangan harap akan mendapatkan hasil yang maksimal, keluarlah dari lingkungan lama dan bergabunglah dengan komunitas yang lebih mendukung.
Pertemanan dapat menambah wawasan bisnis, dengan sering bertemu dengan sesama pengusaha kita akan mendapatkan wawasan baru yang belum pernah kita ketahui sebelumnya. Diskusi dan pertemuan-pertemuan juga melahirkan ide-ide baru dalam berbisnis. Disana kita bisa mendiskusikan cara mengatasi kesulitan-kesulitan bisnis. Masalah kita semakin ringan setelah berbagi, dan kitapun bisa menggunakan pengalaman mereka untuk mengatasi masalah yang mungkin sama dengan bproblem yg sedang di hadapi.
Jadi intisarinya dari blog ini adalah marilah kita mulai mencari teman yang mampu memberikan inspirasi dan motivasi, kita akan banyak belajar dari mereka saat menghadapi kesulitan dan bagaimana meraih sukses saat ini.
Semua itu menjadikan kita semakin termotivasi.